Sunday 11 November 2012

Logika dan Analisa


Suatu ketika, Albert Einstein pernah ditanya soal berapa kecepatan suara. Einstein hanya bilang bahwa jika anda ingin mengetahui suatu jawaban yg sudah ada di buku, maka carilah di buku. "Saya tidak menghafal apa yg sudah ada." Saat itu Einstein sedang meneliti tentang kecepatan cahaya.
Begitulah kira-kira pesan dari Einstein yg akan anda gunakan untuk memecahkan 3 soal ini. Tidak menguji ingatan anda, tapi mengasah kemampuan analisis, logika dan kekreatifan.
1. Jika kamu ceritanya sedang membawa 1 keranjang sayuran, 1 ekor kambing dan seekor anjing yg masih liar, sementara kamu harus membawa ketiganya kesebrang sungai dengan sebuah rakit kecil yang berkapasitas hanya dua barang. Lebih dari itu dipastikan rakitl akan tenggelam. Masalahnya adalah kalau kamu membawa anjing dulu kesebrang, maka kambingmu akan memakan sayuran yg ditinggal itu, begitu juga kalau kamu membawa sayuran dulu maka anjing liar ini akan menggigit si kambing.
Nah, apa yg akan kamu lakukan untuk mengakali agar ketiga bawaan anda selamat semua sampai tujuan tanpa kurang satu apaun?

2. Ini sebuah kisah perusahaan di Tokyo, Jepang beberapa waktu lalu.
Suatu pagi satpan yg berjaga malam itu bercerita kepada atasanya bahwa ia mendapat firasat dari mimpinya bahwa besok akan terjadi gempa besar yang akan menimpa daerah industri ini. Ternyata benar terjadi gempa besar namun itu terjadi di Kyoto, itu seperti Jakarta dan Semarang jaraknya. Nah, esok lusanya turun surat resmi dari perusahaan bahwa satpam tersebut dipecat.
Apa alasanya?

3. Sekelompok crew Jejak Petualang nyaris tersesat di pedalaman sungai Kalimantan. Tak jauh dari perahu sewaan mereka, ada dua jalur sungai yang bercabang. Konon menurut salah satu penduduk lokal yang ikut dalam rombongan tersebut bahwa salah satu aliran tersebuit menuju hulu air tejun yg dalam. Masalahnya dia tidak tau jalur yg mana yg menuju hulu air terjun tersebut. Tapi, si penduduk lokal itu menyarankan untuk bertanya kepada dua orang tua kembar yang satu pembual dan yg satu jujur. Keduanya tinggal tepat diantara cabang aliran sungai tersebut.
Masalahnya, mereka hanya mau menerima satu tamu dan satu pertanyaan saja dengan  bertemu salah satu dari mereka saja dan satu jawaban. Setelah itu mereka tak akan bicara lagi selama satu purnama kedepan.
Nah, satu pertanyaan apa yang tepat untuk ditanyakan soal jalur itu agar menemukan jalur yg tepat ?

Di suatu bar Prancis, Leonardo da Vinci pernah mengadakan sayambara untuk mendirikan sebutir telur rebus secara vertikal tanpa bantuan alat apapun. Hampir semua orang di bar tersebut mencobanya namun gagal. Lalu da Vinci memecah bagian bawah telur rebus yang memiliki rongga udara tersebut. Maka berdirilah!!
Tapi apa kata sebagian orang? "Ah, saya juga bisa kalo begitu mah..!!" Begitulah... Seandainya kamu bisa berjalan di atas air, orang-orang seperti itu akan bilang kalo kamu ga bisa berenang.

Hehe,.. santai aja. ini cuma melatih otak kita karena generasi ini butuh pemikir macam Salman Alfarisi, kreatif seperti Khalid bin Walid dan bijak macam Umar bin Khattab. Good Luck,.. sapa tau bisa masuk  MENSA International.

0 comments:

Post a Comment

Bookmarks

free counters